Siap Menghadapi Tes Gambar PMDK UNPAR?

Kelas Portofolio Arsitektur

Sudah terima soal gambar untuk Tes PMDK UNPAR? Gimana menurut kamu soalnya? Sulit? Sulit atau mudah itu relatif tergantung seberapa terbiasa kamu dalam mengolah gambar. Dalam tes gambar arsitektur, faktor paling penting yang menentukan berhasil atau tidaknya kamu dalam ujian tersebut adalah apakah kamu bisa mempresentasikan kecerdasan spasial kamu melalui media menggambar. Apa itu kecerdasan spasial?

Kecerdasan spasial biasa disebut juga sebagai kecerdasan visual-spasial, yaitu kemampuan untuk memahami, memproses, dan berpikir dalam bentuk visual dan menerjemahkannya. Seseorang yang memiliki kemampuan ini bahkan mampu menerjemahkan bentuk gambaran dalam pikirannya sendiri baik dalam bentuk dua ataupun tiga dimensi.

Jika ada seorang anak yang memiliki kemampuan visual-spasial maka ia akan terlihat cepat tanggap dan mudah melakukan berbagai kegiatan rumit.  Dulu banyak orang merasa bahwa kemampuan itu hanya bisa dimiliki mereka yang beruntung. Faktanya dengan ilmu psikologi, metode belajarpun bisa menumbuhkan kecerdasan ini. Kecerdasan visual-spasial termasuk kedalam aspek kognisi dari seseorang.Kecerdasan ini merupakan konsep yang dianggap abstrak yang sering melibatkan hal rumit dan manipulasi serta rotasi pada mental. Kecerdasan ini memerlukan pemahaman akan matematika, orientasi arah, logika, geometris dan juga menghubungkan antara konsep spasial dengan angka serta kemampuan mentransformasi sebuah informasi yang diterima otak menjadi bayangan atau hal yang dapat tergambarkan. Hal ini tentu tidak mudah, mengingat hal layaknya penerjemahan bentuk dan ruang membutuhkan imajinasi tinggi dan daya talar luar biasa.

Karakteristik seseorang yang memiliki kecerdasan spasial di antaranya:

1. Cenderung senang membaca, karena mereka yang memiliki kecerdasan tersebut menikmati proses menerjemahkan sebuah alur dalam imajinasi mereka sendiri.

2. Senang memperhatikan hal yang berbentuk visual seperti gambar, lukisan, foto, grafik berbentuk 2d atau 3d dan menafsirkan hal tersirat pada objek tersebut.

3.  Memiliki rasa penasaran yang tinggi akan hal-hal yang menantang.

4. Mampu menganalisa sesuatu berdasarkan pola dari sebuah objek ataupun peristiwa tertentu.

5. Memiliki kecenderungan suka menggambarkan hal-hal yang berada pada imajinasi mereka melalui media gambar atau media apapun.

Kamu memiliki ciri-ciri di atas? Kalau kamu punya ciri-ciri tersebut, bagus! Sisanya kamu tinggal berlatih terus dalam mengolah gambar yang ada pada soal yang telah diberikan. Bagi kamu yang belum terbiasa menggambar melalui teknik konstruktif atau belum memiliki kecerdasan ini, faktanya kecerdasan spasial bisa ditumbuhkan dalam diri manusia. Sebagai bocoran, teknik yang perlu kamu kuasai untuk menghadirkan gambar yang diminta soal adalah teknik menggambar perspektif, material dan pencahayaan, logika anatomi manusia untuk menentukan ukuran satu objek dan objek lainnya, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga ditantang agar dapat menyelesaikan dua soal gambar dalam waktu 90 menit. Hal tersebut harus dibiasakan dari sekarang apabila kamu belum terbiasa menggambar menggunakan management waktu.

Bintang Merah siap membantu kesiapan kamu dalam mengikuti tes PMDK UNPAR. Kami membuka pendaftaran Kelas Portofolio Arsitektur! Disini, kamu kamu bisa  mendapatkan materi-materi gambar konstruktif arsitektur meliputi teknik perspektif, pencahayaan, material objek, strategi dalam menggambar komposisi dan suasana dalam waktu 90 menit, dan juga memecahkan soal bersama-sama dengan pengajar dan peserta lainnya. Siapkan dirimu dari sekarang!
KELAS SANGAT TERBATAS. Kelas dimulai 11 September 2017- 25 September 2017. Senin-Jumat 17.00-20.00

untuk info lebih lanjut, hubungi 021-79194903

Penulis: Bintang Merah

Lembaga studi Seni Rupa dan Desain Bintang Merah berdiri sejak 1999 sebagai bimbingan belajar persiapan Ujian Saringan Masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain yang pertama di Jakarta. Fungsi bimbingan belajar ini difokuskan untuk persiapan para calon peserta ujian melalui metode belajar yang integral, disesuaikan dengan kriteria penilaian dan standar penerimaan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain yang sangat spesifik. Bintang Merah juga berekspansi menyelenggarakan kelas privat dan kelas workshop sebagai pengembangan minat seni dan desain untuk berkarya serta merangsang konsep berfikir kreatif melalui berbagai medium yang berbeda. Para peserta mendapat bimbingan untuk menguatkan minat dan memaksimalkan potensi diri di bidang kesenian, yang berprospek pada karir dan profesi di industri kreatif.

Satu komentar pada “Siap Menghadapi Tes Gambar PMDK UNPAR?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s