Mengenai FSRD ITB dan Daya Tampung SBMPTN 2018

Kampus berbasis teknologi di Indonesia ITB, rupanya sangat digemari oleh para calon mahasiswa baru. Tahun 2017 lalu, ITB berhasil meraih peringkat kedua versi kelembagaan Ristekdikti. Tak heran jika banyak siswa-siswi yang bermimpi untuk melanjutkan kuliah di ITB. Melalui sejarah yang panjang, ITB memiliki Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang juga menjadi tujuan favorit bagi siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan studi di bidang Seni, Desain, maupun Kriya.

FSRD ITB memiliki 5 program studi S1, yaitu:

  1. Seni Rupa. Memiliki 3 peminatan yaitu Studi 2 Dimensi, Studi 3 Dimensi, dan Studi Intermedia.
  2. Seni Kriya. Belajar pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas untuk menghasilkan karya kreatif, estetik, dan fungsional yang memiliki unsur budaya dan unik karena mengandalkan sentuhan tangan. Mahasiswanya bisa memilih kriya Tekstil atau keramik.
  3. Desain Komunikasi Visual. Pada semester 6 ada pilihan konsentrasi Desain Grafis, Multimedia, dan periklanan.
  4. Desain Produk. Yang dipelajari meliputi perancangan objek-objek fungsional seperti furnitur, perabotan, kendaraan dari segi estetik dan fungsi, dan benda-benda pakai lainnya.
  5. Desain Interior. Yang dipelajari meliputi fasilitas tidak bergerak seperti furniture, serta bidang keahlian teknologi dan ilmu bahan.

 

Selain itu, FSRD ITB juga merupakan kampus seni (non-performing arts) serta desain dari Indonesia yang masuk dalam ranking universitas dunia versi QS World University Rankings. Hanya FSRD ITB kampus ini berada pada peringkat 51-100 dunia dan peringkat 8 di Asia bersama 9 kampus Asia lainnya. Jalur penerimaan FSRD ITB adalah SNMPTN dan SBMPTN, tidak ada jalur mandiri.

 

Persaingan untuk mendapatkan bangku penerimaan mahasiswa di FSRD ITB sangat ketat. Daya tampung mahasiswa baru di tahun 2018 berjumlah 150, sementara total peminatnya sebanyak 2.773. Di tahun 2017 (hanya 5%) mahasiswa beruntung yang diterima. Sejak Tahun 2016, FSRD ITB membuka kampus baru yaitu FSRD  Kampus Cirebon, yang dibuka khusus untuk jurusan Kriya Tekstil  dengan daya tampung 18 di tahun 2018 dengan total peminat 285 di tahun 2017.

Penulis: Bintang Merah

Lembaga studi Seni Rupa dan Desain Bintang Merah berdiri sejak 1999 sebagai bimbingan belajar persiapan Ujian Saringan Masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain yang pertama di Jakarta. Fungsi bimbingan belajar ini difokuskan untuk persiapan para calon peserta ujian melalui metode belajar yang integral, disesuaikan dengan kriteria penilaian dan standar penerimaan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain yang sangat spesifik. Bintang Merah juga berekspansi menyelenggarakan kelas privat dan kelas workshop sebagai pengembangan minat seni dan desain untuk berkarya serta merangsang konsep berfikir kreatif melalui berbagai medium yang berbeda. Para peserta mendapat bimbingan untuk menguatkan minat dan memaksimalkan potensi diri di bidang kesenian, yang berprospek pada karir dan profesi di industri kreatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s