Ujian Keterampilan Masuk Fakultas Seni Rupa dan desain 2019

Suasana latihan Ujian Keterampilan menggambar di Bintang Merah untuk persiapan Ujian Keterampilan SNMPTN dan SBMPTN

Mengenal ujian keterampilan PTN dan PTS di indonesia

Suasana latihan Ujian Keterampilan menggambar di Bintang Merah untuk persiapan Ujian Keterampilan SNMPTN dan SBMPTN
Suasana latihan Ujian Keterampilan menggambar di Bintang Merah

 

Seperti yang sudah kita tahu bahwa bagi siswa – siswi sekolah menengah atas ( SMA ) yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah dan berminat untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Senirupa dan Desain harus melalui ujian KETERAMPILAN. Seluruh sistem yang sah ( diakui institute atau Universitas ) baik dari jalur SNMPTN Maupun SBMPTN diwajibkan untuk melalui seleksi ujian keterampilan tersebut, Begitupun melaui jalur Mandiri PTN dan PTS yang memiliki Fakultas Seni Rupa dan Desain seperti di Institut Teknologi Bandung atau Universitas Telkom. Sistem penerimaan Untuk setiap Kampus pun berbeda – beda namun semua memiliki pola yang mirip dilihat dari apa saja yang diujikan begitupun dengan SNMPTN dan juga SBMPTN, walaupun setiap tahunnya ada saja perubahan baik yang kecil maupun perubahan yang cukup mencolok seperti pada tahun 2019 ini. Berikut adalah jalur-jalur masuk Universitas yang terdapat ujian keterampilan pada tahun 2019.

 

Jalur SNMPTN 2019

Pada tahun 2019 jalur SNMPTN tidak terdapat perubahan yang besar dan masih serupa dengan tahun – tahun sebelumnya. SNMPTN masih menggunakan system nilai ( undangan dari sekolah ) yang mana hanya siswa/siswi dengan nilai sekolah yang mencukupi saja yang mendapatkan undangan tersebut ( sistem berbeda di setiap sekolah ). Kemudian bagi siswa/siswi yang mendapat undangan harus mengerjakan ujian keterampilan berupa sistem PORTOFOLIO yang harus di UPLOAD secara ONLINE. Di tahun 2019 ini portofolio terdiri dari 3 soal yaitu :

 

1. Gambar suasana atau gambar narasi

Peserta diperintahkan untuk menggambar Suasana dengan soal narasi yang sudah diberikan oleh SNMPTN. Untuk menjawabnya peserta harus menggambar di sebuah kertas secara manual ( gambar manual ) dan berkreasi melalui soal yang diberikan.

 

2. Gambar Still-life

Gambar Still-life adalah menggambar benda secara realis dengan mengatur komposisinya. Dalam SNMPTN 2019 peserta diberikan soal gambar still-life dengan benda-benda yang telah ditentukan di soal tersebut

 

3. Karya bebas

Peserta digharuskan Melampirkan foto karya bebas yang pernah dibuat atau yang akan dibuat. Karya bisa berupa apapun asalkan masih berhubungan dengan karya Seni rupa atau karya desain contohnya menggambar desain sebuah logo seperti pekerjaan Program Studi Desain Komunikasi Visual ( DKV )

Kemudian semua karya diupload dengan template yang sudah disediakan oleh SNMPTN

 

 

Jalur SBMPTN 2019

Dalam ujian SBMPTN 2019 untuk FSRD terdiri dari 2 tes yaitu UTBK ( ujian tertulis barbasis komputer ) dan Ujian keterampilan. Kemudian dilanjutkan dengan Ujian keterampilannnya, namun ada yang berbeda di ujian keterampilan SBMPTN 2019 kali ini. Pada pelaksanaan ujian keterampilan SMBPTN tahun lalu peserta diharuskan melakukan ujian langsung di tempat ujian dan beri waktu 90 menit untuk gampar suasana atau narasi kemudian dilanjutkan psikotes berwarna diberi waktu 60 menit. Namun pada pelaksanaan ujian keterampilan SBMPTN 2019 sistem yang diterapkan berubah menjadi sistem PORTOFOLIO yang menyerupai sistem portofolio SNMPTN dengan hanya membedakan soalnya saja. Ditahun ini juga SBMPTN juga dapat diikuti oleh siswa /siswi SMK dan para calon peserta yang sudah lulus SMA pada tahun sebelumnya.

 

 

Jalur MANDIRI

Banyak yang belum mengerti apa sebenarnya jalur mandiri itu, pada dasarnya yang dimaksud dengan jalur mandiri adalah jalur masuk yang diselenggarakan secara independen atau ujian yang diselenggarakan oleh kampus itu sendiri contohnya SIMAK Universitas Indonesia dan lain sebagainya. Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN adalah ujian Negara yang fokuskan untuk peserta yang ingin masuk ke perguruan tinggi Negeri , ujian mandiri lebih bervariatif. Berikut adalah beberpa kampus favorit FSRD yang mengadakan ujian mandiri :

 

1. Mandiri ITB ( Institut teknologi bandung )

Menarik untuk disimak karena ITB baru mengadakan lagi Ujian mandiri dan Ujian keterampilan di tahun 2019 setelah hampir 10 tahun hanya bergantung pada SNMPTN dan SBMPTN saja atau dengan kata lain tidak mengadakan ujian mandiri. Sistem yang digunakan ITB untuk ujian mandirinya di tahun 2019 mesih serupa dengan ujian SBMPTN tahun – tahun sebelumnya dimana  peserta wajib untuk datang ke lokasi ujian dan diberikan soal. Pada tahun 2019 ini soal yang digunakan adalah soal narasi atau gambar suasana dan juga psikotes mewarnai. Menariknya ujian keterampilan kali ini diadakan di kampus baru ITB yang terletak di Jatinangor ( +- 1,5 jam dari Bandung )

 

2. Mandiri ISI Jogja ( Institut Seni Indonesia )

ISI jogja juga merupakan PTN favorit untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain. Ditahun 2019 ini juga ISI jogja juga mengadakan Ujian Mandiri di kampusnya. Sistem ujian yang diadakan ISI juga serupa dengan SBMPTN tahun – tahun sebelumnya atau ujian mandiri ITB, hanya memiliki perbedaan di waktu dan format gambarnya saja.

 

3. UNS Solo

UNS solo memilki fakultas senirupa dan desain yang didalamnya terdapat jurusan DKV ( Desain Komunikasi Visual ), Kriya, dan Seni Rupa Murni. namanya mulai melambung dan menjadi salah satu incaran para siswa/siswi SMA yang ingin melanjutkan kuliah jurusan Desain. Seperti tahun 2018 kemarin UNS juga mengadakan Ujian mandiri di tahun 2019 ini. Sistem yang diterapkan juga serupa dengan ISI dan ITB yaitu menggambar suasana atau gambar Narasi.

 

Dan masih banyak lagi Universitas yang mengadakan ujian mandiri baik PTN ataupun PTS lainnya. Dari masing-masing Universitas atau Institut di Indonesia memiliki kriteria dan kuota penerimaan yang berbeda beda, seperti di ITB pada tahun 2019 ini menerima 40% dari jalur SNMPTN, 30% dari jalur SBMPTN, dan juga 30% dari jalur Mandiri ITB. dan kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Fakultas senirupa dan desain mengharuskan pesertanya untuk melalui ujian Keterampilan baik Perguruan tinggi Negeri maupun Swasta.

 

source:

@bintang.merah

Penulis: Bintang Merah

Lembaga studi Seni Rupa dan Desain Bintang Merah berdiri sejak 1999 sebagai bimbingan belajar persiapan Ujian Saringan Masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain yang pertama di Jakarta. Fungsi bimbingan belajar ini difokuskan untuk persiapan para calon peserta ujian melalui metode belajar yang integral, disesuaikan dengan kriteria penilaian dan standar penerimaan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain yang sangat spesifik. Bintang Merah juga berekspansi menyelenggarakan kelas privat dan kelas workshop sebagai pengembangan minat seni dan desain untuk berkarya serta merangsang konsep berfikir kreatif melalui berbagai medium yang berbeda. Para peserta mendapat bimbingan untuk menguatkan minat dan memaksimalkan potensi diri di bidang kesenian, yang berprospek pada karir dan profesi di industri kreatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s