Buat Kamu yang Ingin Masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain: apa sih DKV itu?

Workshop Branding Design Bintang Merah

Sudah masuk tahun ajaran baru nih guys! Meskipun masih belajar di rumah, pastinya masih semangat kan! Bagi kalian para young creatives yang ingin masuk kuliah jurusan desain ataupun siapapun yang mau tau lebih dalam tentang seni rupa dan desain, kamu perlu tahu  loh, biar nanti gak salah memilih jurusan. Yuk, kita simak penjelasan kali ini tentang DKV atau desain komunikasi visual!

Diambil dari website usm ITB, Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Seorang sarjana DKV harus pintar mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif. Semacam mengkomunikasikan sesuatu melalui bahasa visual atau gambar, lah. Banner-banner parpol pinggir jalan? Undangan kawinan temen? (apa mantan, lol) Sampai ke tampilan Bumble yang sering temen-temen mainkan? Itu semua masuk ke dalam area desain komunikasi visual.

NYMagCraigKarl

Craig and Karl, illustrator ikonik era sekarang

Apa sih bedanya desain grafis (DKV) dan seni grafis?

Meskipun mempelajari media yang sama, yaitu media cetak atau dua dimensi, seni grafis dan dkv memiliki sedikit perbedaan. Seni grafis merupakan kategori dari seni murni dimana di dalamnya mempelajari tentang proses membuat karya, yang merupakan ekspresi dari karya si seniman, sedangkan di DKV, para mahasiswa mempelajari konsep dengan maksud-tujuan dan ditujukan untuk target consumer.

Di dalam program studi dkv sendiri nantinya akan dijuruskan ke area yang lebih spesifik atau subprodi loh, beberapa diantaranya seperti Komunikasi Visual Periklanan yang lebih menekankan mahasiswa untuk terjun di bidang periklanan dan creative campaign, kemudian Desain Grafis yang mempelajari segala hal yang menyangkut visual dan yang ngetop pastinya Multimedia, seputar 3d animation dan motion graphic. Kalau kalian anaknya Studio Gibhli banget, ya pastinya mau masuk ke subprodi multimedia.

 

person writing on white paper
Photo by Fabian Wiktor on Pexels.com

Screen Shot 2020-08-05 at 2.38.01 PM

(Beberapa penerapan dari ilmu desain komunikasi visual; gambar pertama: Craig and Karl untuk sampul New York Times; Bawah: Naya Studio (@naya.studio) untuk Bank Indonesia)

Untuk profesi nya sendiri, lulusan-lulusan dkv merupakan salah satu jurusan dari seni rupa dan desain yang paling banyak ragam profesinya, seperti web designer, UI/UX design atau desain apps, desainer motion graphic atau animator, illustrator, apa lagi ya, masih banyak banget loh! Menurut kakak-kakak alumni di binmer sih, dkv masih merupakan profesi yang bisa masuk ke semua sektor industri. Gimana, young creatives makin tertarik kan untuk masuk ke desain komunikasi visual? Oiya, di blog bintang merah selanjutnya kita akan banyak bahas soal profesi-profesi ngetop di desain dan masih banyak lagi.

Penulis: Bintang Merah

Lembaga studi Seni Rupa dan Desain Bintang Merah berdiri sejak 1999 sebagai bimbingan belajar persiapan Ujian Saringan Masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain yang pertama di Jakarta. Fungsi bimbingan belajar ini difokuskan untuk persiapan para calon peserta ujian melalui metode belajar yang integral, disesuaikan dengan kriteria penilaian dan standar penerimaan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain yang sangat spesifik. Bintang Merah juga berekspansi menyelenggarakan kelas privat dan kelas workshop sebagai pengembangan minat seni dan desain untuk berkarya serta merangsang konsep berfikir kreatif melalui berbagai medium yang berbeda. Para peserta mendapat bimbingan untuk menguatkan minat dan memaksimalkan potensi diri di bidang kesenian, yang berprospek pada karir dan profesi di industri kreatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s